Thursday, April 7, 2016

Pengertian sistem operasi komputer dan sistem operasi, Fungsi os


A. Sistem operasi komputer
     Adalah hubungan antara komponem-komponem dalam sistem komputer membentuk satu kesatuan sehingga menghasilkan cara kerja yang lebih maksimal, disebut sistem komputer.
                                     Image result for os
1. Sistem operasi
     Adalah sistem operasi (operating system) atau banyak di tulis dengan singkatan OS merupakan program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasi aktivitas operasi komputer.

        OS berfungsi sebagai pemimpin dalam sebuah organisasi. Ia bertanggung jawab penuh terhadap pengelolaan, pengendalian, dan pengkoordinasian semua operasi secara efisien dan efektif. Oleh sebab itu, OS disebut juga sebagai master control program.

     Sistem operasi yang dikenal dewasa ini telah memiliki sejumlah kemampuan yang dapat mengelola sejumlah kegiatan sekaligus. Fungsi fungsi yang dimiliki sistem operasi pada dasarnya ada tiga macam, yakni fungsi alokasi sumber sumber daya, fungsi penjadwalan sumber sumber daya, dan fungsi pengawasan terhadap aktivitas sistem komputer. Ketiga fungsi ini pada saat sekarang mampu menangani berbagai pekerjaan sekaligus dalam bentuk jaringan. Fungsi fungsi tersebut terdiri atas multitasking, multiprogramming, time sharing, dan multiprocessing.

No comments:

Post a Comment